Motivasi itu perlu?

Berbahaya tanpa motivasi!

Dalam kehidupan sehari-hari fluktuasi motivasi seseorang selalu berubah-ubah bak gelombang dilautan, kadang pasang dan kadang surut. Suasana hati biasanya mempengaruhi motivasi seseorang. Tidak dipungkiri kadang saat suasana tidak menyenangkan atau ada saat-saat tertentu yang menumbuhkan perasaan sedih atau kecewa sehingga menyalahkan diri sendiri. Jangan begitu, kalau tidak diri sendiri yang mencintai apalagi orang lain?, cintai diri sendiri akan menumbuhkan motivasi

Menghargai diri dengan sepantasnya akan lebih baik dan menumbuhkan rasa kepercayaan diri dan menumbuhkan semangat luar biasa untuk maju.

Seperti sifat Anomali air. Air akan meningkat suhunya bila dipanasi terus naik-naik sampai pada level titik didih air atau anomaly air. Saat sudah melewati titik didih air tersebut suhu air akan kembali turun kemudian stabil

Demikian juga saat ingin membangun motivasi dalam diri seseorang. Perlu pemanasan terus menerus, sampai pada saat seseorang sudah mencapai kematangan pribadi. Pada saat mencapai kematangan mental tersebut seseorang akan lebih stabil dalam mensikapi sesuatu.

Sifat motivasi

Sifat mirip sifat pada anomali air, membangun motivasi dari nol kemudian naik-naik terus sampai saat mencapai puncak kestabilan diri. Saat stabil tetap perlu stimulasi agar tetap terus termotivasi.

Sifat mirip gelombang pasang dan surut lebih cenderung meningkat sedemikian drastis dan saat surutpun begitu drastic secara bergantian. Seseorang perlu motivasi secara terus menerus untuk menjaga kesetabilan saat surut.

Sifat api yang berkobar-kobar namun saat ada gerimis begitu cepat padam. Kusus yang satu ini perlu perlindungan agar api tidak kena air hujan dan kemudian padam. Bagaimana menjaga motivasi agar tetap menyala dalam diri sendiri.

Banyak kasus bagaimana bahaya kehilangan motivasi :

Stess dan rasa tertekan menghilangkan semangat kerja, kadang situasi kerja yang monoton, itu-itu saja, tidak menambah ilmu apalagi kebaikan finansial akan berdampak buruk. Orang yang dalam situasi tersebut harus memberanikan diri untuk berubah, ambil keputusan cari udara segar diluar secepatnya. Buat kesempatan penghasilan bar diluar.

Kadang orang senang berwiraswasta karena hal tersebut. Burung didalam sangkar akan lebih senang diluar sangkar dan terbang tinggi. Seperti itulah kira-kira motivasinya.

Kasus bunuh diri adalah kasus paling parah yang memprihatinkan seperti banyak terjadi seperti pemberitaan media. Saya berfikir andaikan mereka tersebut menyempatkan diri membaca buku motivasi, membaca buku spiritual atau agama, atau berhubungan dengan orang lain yang memiliki motivasi yang besar, atau barang beberapa detik atau menit menelepon para motivator pasti berbeda akibatnya.

Kadang kita perlu mencari sumber motivasi baru untuk menumbguhkan semangat hidup. Dimana dihindari tempat, atau situasi yang memungkinkan tidak terbuka lagi kemungkinan untuk melahirkan motivasi. Rasa keputusasaan kadang memang menimbulkan sisi gelap dan saat gelap itu bila tak berusaha mencari secercah cahaya, orang bisa lupa jati diri.

Banyak cara menyalakan kembali api motivasi antara lain :

-Membaca buku-buku motivasi

-Mengunjungi perpustakaan atau toko buku

-Hindari hal-hal yang menciptakan situasi pesimistis

-Berteman dengan para motivator, mereka adalah cahaya menerangi di dalam gelap.

-Motivasi itu perlu bangitkan diri sendiri dan orang lain

-Berteman dengan mereka yang berprinsip “Bisa!” untuk lebih baik

-Jadilah burung terbang dilangit yang terbang tinggi.

-dn hal2 lain yg melahirkan motivasi

Salam Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar